Rabu, 08 Februari 2012

Pengertian Ekonomi Lingkungan

Pengertian Ekonomi Lingkungan
Ekonomi lingkungan adalah ilmu yang mempelajari kegiatan manusia dalam memanfaatkan lingkungan sedemikian rupa sehingga fungsi/peranan lingkungan dapat dipertahankan atau bahkan ditingkatkan dalam penggunaannya untuk jangka panjang. 
Ilmu ekonomi diartikan sebagai ilmu yang mempelajari tentang tingkah laku manusia dalam melakukan pilihan. Sehingga ilmu ekonomi itu pun disebut sebagai ilmu tentang memilih diantara berbagai alternatif.
Hakekat fungsi/peranan lingkungan yang utama adalah sebagai:
1. sumber bahan mentah untuk diolah menjadi barang jadi atau untuk langsung dikonsumsi,
2. asimilator, yakni sebagai pengolah limbah secara alami
3. sumber kesenangan (amenity) Fungsi/peranan lingkungan di atas, merujuk pada pengertian lingkungan hidup berdasarkan UU PLH No. 23/1997, yang menyatakan lingkungan hidup adalah kesatuan ruang dengan semua benda, daya, keadaan dan makhluk hidup, termasuk didalamnya manusia dan perilakunya, yang mempengaruhi kelangsungan perikehidupan dan kesejahteraan manusia serta makhluk hidup lainnya.
Berkembangnya waktu dan peradaban serta meningkatnya pembangunan untuk kesejahteraan manusia, ternyata menurunkan fungsi/peranan lingkungan dari waktu ke waktu.Hal ini tergambar dari beberapa kondisi sebagai berikut:
1.  Berkurang dan langkanya jumlah bahan mentah yang disediakan lingkungan alami,
2. Berkurangnya kemampuan alam untuk mengolah limbah, karena limbah yang terbuang dan harus   ditampung lingkungan alami melebihi dayatampungnya. (Proses recycle blm bekerja secara optimal),
3. Semakin berkurangnya kemampuan alam menyediakan kesenangan dan kegembiraan langsung, karena banyak sumberdaya alam dan lingkungan yang telah diubah fungsinya atau karena meningkatnya pencemaran.





Tidak ada komentar:

Poskan Komentar